Pakai Static Site Generator

1 minute read

Cerita awal

Dari dulu suka gonta ganti blog, sekedar untuk memuaskan penasaran. Udah beberapa tahun pakai php-mysql-apache, biasa hosting di server sendiri. Pernah coba pakai DigitalOcean , pernah pakai server gratisan, pernah nyempil di hosting kantor.

Sekarang mau coba pakai static web. Mirip jaman Geocities dulu, statatic web kita bikin dalam bentuk file. Bedanya, dulu pakai html, lalu langsung dipublish. Sekarang pakai, misal Ruby, lalu ada proses generate yg menggunakan framework, misal Jekyll, setelah itu langsung ditampilkan oleh server. Proses menampilkan jadi lebih cepat, karena tidak memerlukan database jadi web kita lebih cepat dikirim ke CDN atau Content Delivery Netwok dimana content kita akan disebar ke berbagai belahan dunia. Saya baru belajar, jadi kalau ada yg salah tolong kasih masukan :)

Apa saja yang digunakan

Sisi Github / Server

Yang saya gunakan semua “free”, dalam artian selama tidak digunakan melewati kapasitas yang diperbolehkan.

  1. Github Pages untuk menyimpan file, menampilkan dengan sub-domain milik mereka.
  2. Cloudflare Pages untuk menampilkan dengan domain sendiri.
  3. Jekyll Static Site Generator, simple, tidak pakai database.

    Sisi Desktop/client

    Jadi ini semua yang saya pakai. Untuk desktop, saya install:

  4. Ruby for windows untuk menginstall dan mengcompile Jekyll.
  5. Github Desktop untuk upload(commit) ke Github
  6. Visual Studio untuk IDE atau editornya.
  7. Jekyll Di local (komputer sendiri) juga diinstall Jekyll, agar kita bisa cek gimana hasil web yang kita kerjakan sebelum kita upload ke GitHub. Bisa diakses di http://localhost:4000. Ya, kurang lebih ini yang saya pakai. Kalau ada masukan bisa langsung email aja, saya belum bisa menambah comment jadi belum ada comment disini. :)